6 Cara Membuat Iklan Jualan Online

cara membuat iklan jualan online

Cara membuat iklan online – Kamu sedang menekuni jualan online namun tak kunjung mengalami perkembangan? Mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk memasang iklan pada bisnis jualan online. Iklan sendiri biasa digunakan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan profit perusahaan mereka.

Miliki banyak sekali jenis-jenis iklan, kamu bisa memilih iklan jenis penawaran untuk lebih mengenalkan produkmu ke masyarakat luas. Tak sembarangan pasang iklan, kamu perlu tahu cara membuat iklan jualan online agar tidak rugi nantinya.

Baca juga: 5 Jenis Iklan Online Pendulang Cuan

Agar tampilan iklanmu semakin menarik, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengetahui produk yang akan diiklankan

Pertama, kamu harus tahu produk apa yang harus diiklankan, nih. Guna lebih paham mengenai seluk beluk produknya, kamu bisa melakukan analisis terlebih dahulu. Penggunaan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats)  akan lebih baik.

2. Mengetahui target pasar dan pesaingnya

Sekarang ini, target pasar jadi lebih beragam dan luas. Kamu bisa melakukan riset dengan mulai menyurvei siapa yang akan membeli produk hingga langkah yang harus diambil saat membuat iklan.

Mengetahui seluk beluk pesaing juga penting dalam menentukan pasaran. Kamu bisa mencari tahu dari bagaimana iklan pesaing ditujukan pada konsumen hingga bagaimana para konsumen merespons iklan mereka.

Dengan mengetahui tiap gerak-gerik pesaing, pembuatan iklan akan lebih mudah.

3. Gunakan judul menarik dan selipkan kalimat penawaran bombastis

Jangan anggap remeh judul, ya. Pasalnya bisa menjadi kekuatan dalam menjaring minat konsumen. Beberapa konsumen memilih membaca iklan dengan judul menarik dan singkat.

Judul yang menarik sudah, kini tinggal menyelipkan kalimat bombastis. Maksudnya adalah penggunaan kalimat yang persuasif yang sulit ditolak.

Kamu bisa menyelipkan promo menarik disamping kemanfaatan produk yang dijual.

4. Penyesuaian platform iklan

Cara membuat iklan jualan online selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih tempat beriklan. Jika kamu beriklan di media sosial sesuaikan konsep iklannya dengan platform tersebut. 

Hal tersebut sangat penting mengingat media sosial memiliki aturan yang berbeda-beda dalam beriklan. Jika kamu memerhatikan hal-hal ini, konten iklanmu juga akan lebih efektif.

5. Merancang desain iklan

Sudah melakukan berbagai riset, kini saatnya kamu menuangkan ide dalam merancang desainnya. Jangan sungkan untuk meminta pendapat orang lain, ya. Hal ini bisa membantu kamu menemukan target yang sesuai.

Baca juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik

6. Penayangan iklan dan evaluasi

Kamu bisa segera menayangkan iklan bila sudah sesuai. Setiap media periklanan menyediakan menu parameter beriklan seperti target audiens dari umur hingga negara.

Jika iklan sudah dikampanyekan, pelaku usaha berhak melakukan evaluasi apakah prosesnya berjalan sesuai harapan. Catat dan simpan datanya untuk evaluasi iklan selanjutnya, sehingga iklan selanjutnya bisa lebih baik.

Baca juga artikel terkait berikut:

Itulah tadi enam cara membuat iklan jualan online yang bisa kamu terapkan. Gampang banget, kan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Scroll to Top