Iklan Advertorial Sebagai Strategi Pemasaran “Halus”

iklan advertorial

Iklan advertorial – Agar bisa meningkatkan penjualan untuk sebuah produk, iklan merupakan sarana yang paling tepat di lakukan. Iklan umumnya akan menggunakan publik figur sebagai penarik perhatian calon pembeli.

Seiring berkembangnya jaman iklan advertorial kian diminati dalam menawarkan sebuah produk dengan cara yang halus.

Iklan advertorial menarik perhatian pelaku usaha sebagai bagian dari kampanye mereka untuk memikat target pasar dengan cara yang lebih halus.

Bahkan saat ini banyak sekali penyedia jasa untuk advertorial untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha.

Maka dari itu kamu harus lebih dapat mengenal lebih jauh mengenai iklan advertorial ini supaya kamu lebih mudah untuk menyusun strategi untuk melakukan pemasaran yang cocok.

Pengertian Iklan Advertorial

Iklan advertorial merupakan sebuah iklan yang bentuk iklannya dibuat dengan memakai bahasa jurnalistik yang jauh lebih halus.

Yang mana memakai 6 unsur yang ada dalam sebuah berita, yaitu 5W + 1H.

Bentuk iklan advertorial dikemas dalam bentuk yang berbeda-beda pada setiap media masa, semua itu akan bergantung terhadap gaya penulisan dan juga format tata letak yang menjadi ketentuan dari media masa masing-masing.

Iklan advertorial ini berbentuk pemberitaan yang mengutamakan nilai-nilai.

Untuk menjadi bentuk iklan yang halus maka akan cukup sulit dapat menentukan berita yang asli dan advertorial.

Kamu bisa membedakan mana berita dan advertorial bisa dilihat pada bagian akhir kalimatnya.

Fungsi Dan Tujuan

Iklan advertorial memiliki fungsi agar bisa menyatukan pesan beserta informasi menggunakan berbagai bahasa yang halus.

Selain itu pembahasannya akan disampaikan dengan sangat jelas, tegas, dan akan muda dipahami oleh kalangan masyarakat.

Jika menurut sebuah teori psikologi sosial yang diutarakan oleh Abraham Maslow, kata yang akan di sampaikan bukan hanya sekedar bisa meyakinkan saja, tetapi juga harus dapat menarik perhatian.

Hal paling penting lagi adalah pesan yang akan disampaikan juga harus bermanfaat dan memang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.

Pesan yang disampaikan harus bisa lebih meyakinkan para calon investor akan kebutuhan supaya mereka tertarik untuk menanamkan modal.

Contoh Advertorial

Setelah kita jelaskan yang dimaksud dengan iklan advertorial, maka kamu harus tahu jenis dan contoh advertorial adalah dalam bidang jasa, produk, korporat maupun sebuah perusahaan dan pemerintahan.

Advertorial produk 

Menyajikan produk yang akan ditawarkan supaya masyarakat lebih dapat tertarik untuk melakukan pembelian. 

Contoh iklan advertorial produk kecantikan adalah penambahan ulasan maupun review dari para penggunanya agar terhindar dari produk yang kurang memiliki kualitas.

Selain itu ada banyak sekali contoh advertorial produk makanan dan berbagai produk yang lainnya.

Advertorial jasa

Iklan ini bertujuan memberitahukan akan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat luas.

Advertorial korporat

Iklan yang akan membahas perihal kegiatan, kebijakan dalam sebuah perusahaan, organisasi, instansi, maupun berbagai lembaga yang terkait.

Advertorial pemerintah

Iklan yang membahas berbagai perihal yang ada dalam suatu daerah, provinsi, kota, kabupaten maupun pulau. Selain itu juga dapat berisi tentang ulasan keunggulan sebuah daerah, dll.

Fungsi dari iklan advertorial ini adalah menjadi sebuah pendamping, penerjemah dan melakukan penafsiran terhadap sebuah iklan yang ada dalam media masa.

Jenis dan Sifat Advertorial

Sebelum kita akan membah jenis dan sifat advertorial, lebih dahulu kita akan jelaskan perbedaan antara iklan advertorial degan iklan display.

Jika iklan advertorial akan dikemas seperti sebuah berita maka iklan display ini mempunyai bentuk yang cukup besar jika kita bandingkan dengan iklan kolom.

Contoh iklan display dan advertorial ini misalnya baliho yang sering kita lihat di jalan rasa yang rami itu disebut dengan iklan display.

Jenis dari iklan ini dibedakan dari bagaimana cara menggunakannya yaitu, advertorial produk, advertorial jasa, advertorial korporat atau perusahaan, dan advertorial dalam bidang pemerintahan.

Sifat dari iklan advertorial ini adalah :

  • Informatif yang memiliki sifat untuk bisa memperkenalkan sebuah produk, jasa, dan berbagai kegiatan yang akan ditawarkan.
  • Interpretif, menginterpretasi berbagai informasi dengan memberikan  komentar dan juga keterangan.
  • Eksploratif, memberikan penjelasan yang mendalam kepada masyarakat.
  • Memuji supaya masyarakat akan lebih menerima dan tertarik.
  • Argumentasi, membuktikan sesuatu dengan menggunakan uraian yang analitik.

Baca Juga: Pengertian Iklan: Jenis, Sifat dan Contohnya

Anatomi Iklan

  • Advertorial bisa disajikan dengan bentuk sebuah berita yaitu akan mengikuti anatomi dalam penulisan sebuah berita dengan menggunakan metode piramida terbalik.
  • Cara kerja piramida terbalik ini adalah di mulai dari bagian paling penting semakin menuju ke bawah maka akan membahas berbagai hal yang kurang penting.
  • Bisa disajikan ke dalam bentuk fitur, yaitu tulisan yang ringan yang tidak wajib terikat dengan penyajian sebuah berita. Anatomi fitur ini terdiri dari judul, intro, pembuka, tubuh dan penutup.

Tips Membuat Konsep Advertorial

Sebelum kami membayar harga advertorial media online  untuk melakukan promosi produk milikmu agar lebih meningkatkan penjualan, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan :

  1. Pakai format artikel yang ringan sehingga dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
  2. Memakai bahasa yang editorial supaya pembaca contoh advertorial produk pakaian milikmu supaya calon pembaca bisa lebih mendapatkan informasi beserta keunggulan dari berbagai produk dan jasa yang ditawarkan.
  3. Jangan menggunakan bahasa yang memiliki sifat pemasaran.
  4. Jangan menggunakan kutipan maupun pendapat dari para tokoh ahli.
  5. Jangan asal memilih media karena sangat penting bagi kesuksesan dan tujuan iklan tersebut.
  6. Jangan pakai gaya bahasa yang superlatif yang justru membuat pembacanya enggan meneruskan membaca.

Kelebihan Advertorial

  1. Lebih dapat menarik minat para pembaca karena memiliki cara promosi yang bersifat lebih halus dan membuat sebuah narasi bagi sebuah brand tertentu.
  2. Berbeda dengan iklan konvensional yang memiliki sifat hard selling dan jelas ketika melakukan promosi, kelebihan yang dimiliki oleh advertorial adalah dari cara menyampaikannya.
  3. Sangat mudah dimanfaatkan di era digital seperti saat ini.
  4. Pembaca akan lebih senang karena memiliki kesamaan yang tidak menggurui pembaca mengenai produk maupun berbagai informasi yang lain.
  5. Memberikan kesan yang lebih dapat meyakinkan para konsumen, karena ditulis berdasarkan dari kaidah yang dimiliki oleh dunia jurnalistik.

Penutup

Itulah berbagai informasi yang berkaitan dengan advertorial yang akan begitu cocok untuk dipakai menawarkan produk maupun jasa kepada para konsumennya.

Seperti contoh advertorial produk minuman menggunakan jasa advertorial, maka tidak akan  menutup kemungkinan produk tersebut akan dapat lebih laris di pasaran.

Konsep dari iklan advertorial ini tidak melakukannya dengan cara langsung tetapi memakai sebuah cara yang halus. Hal yang lainnya juga harus kami lakukan agar bisa membuat bisnis yang sedang kamu jalankan berkembang dengan baik adalah melakukan pembukaan dengan cara yang terpadu dan menyesuaikan dengan standar yang susah ada.

Baca Juga:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Scroll to Top