Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya + Gambar

jenis jenis iklan berdasarkan isinya

Sedang cari iklan yang pas buat promosi, teman-teman? Sampai sekarang, iklan masih jadi tempat paling pas untuk memperkenalkan produk sampai membagikan informasi penting. Dikarenakan fungsinya yang beragam, terbentuklah jenis jenis iklan berdasarkan isinya yang perlu kamu pelajari.

Secara garis besar, jenis jenis iklan dibagi jadi tiga, yakni sesuai isi, media, dan tujuan. Nah, kalau ditentukan berdasarkan isi, jenis iklannya dikategorikan lagi menjadi empat, antara lain:

Iklan Penawaran

jenis jenis iklan berdasarkan isinya - iklan penawaran produk
Sumber: Instagram

Iklan penawaran atau iklan niaga adalah jenis yang paling sering kamu jumpai. Sesuai namanya, isi dalam jenis iklan ini menawarkan produk, baik barang atau jasa, kepada masyarakat. 

Sebagai contoh, iklan barang bisa berupa bahan baku makanan, perangkat elektronik, kosmetik, dan benda fisik lainnya. Sementara iklan jasa ditujukan buat hal-hal yang bersifat layanan seperti kurir, ojek, atau pengobatan.

Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat kesehatan
Sumber: BNN

Kalau iklan penawaran biasanya datang dari pelaku bisnis, maka iklan layanan masyarakat berasal dari instansi atau lembaga tertentu, sob. 

Isinya bisa berupa informasi sosialisasi atau pencerahan terkait satu topik untuk kepentingan masyarakat. Beberapa contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan pemilu, iklan hidup sehat, dan iklan keluarga berencana yang diusung oleh BKKBN.

Iklan Permintaan

Contoh iklan lowongan kerja
Sumber: Instagram

Kamu sering cari informasi lowongan kerja di koran atau website? Nah, inilah yang disebut sebagai iklan permintaan.

Dikatakan demikian karena isinya datang dari pihak yang mencari orang-orang tertentu yang bisa mengerjakan kemampuan di posisi yang ditawarkan. 

Salah satu jenis jenis iklan berdasarkan isinya ini juga secara tak langsung meminta kamu buat kerja sama mereka, asalkan sesuai kriterianya, ya.

Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan

jenis iklan berdasarkan isinya - iklan pengumuman / iklan pemberitahuan
Sumber: Instagram

Terakhir ada iklan pengumuman atau pemberitahuan yang isinya beragam. Dari acara seperti konser atau pameran, kontes atau sayembara, pemberitaan duka cita, dan lain sebagainya. 

Dibandingkan jenis-jenis iklan sebelumnya, iklan pengumuman memang lebih umum, sob. Meski begitu, kamu tetap perlu mencantumkan data penting seperti nama dan kontak yang bisa dihubungi.

Supaya iklanmu layak terbit, kamu juga perlu merancangnya sesuai syarat seperti:

  • Kontennya jelas, dalam artian singkat, mampu menarik perhatian, objektif, jujur, dan jangan sampai menyinggung pihak lain;
  • Perhatikan bahasa yang kamu gunakan. Pastikan bahasa pada iklanmu mudah dipahami dan diingat masyarakat luas. Kamu dapat memakai konotasi selama maknanya baik;
  • Kemas iklan supaya mampu menarik perhatian masyarakat. Ingat, kamu memakai iklan buat mendapatkan tujuan tertentu, misalnya menjual barang, menawarkan layanan, dan membagikan konten bermanfaat. Kalau iklanmu sekadar dilirik, berarti pengemasannya belum sanggup mengundang atensi masyarakat.

Baca Juga:

Penutup

Itulah penjelasan singkat seputar jenis jenis iklan berdasarkan isinya. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa menyiapkan konten sesuai jenis iklan yang diperlukan dan mewujudkan semua target, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Scroll to Top