Laku Keras! Gunakan 5 Jenis-Jenis Iklan Media Cetak Ini

jenis jenis iklan cetak

Sebuah bisnis kurang lengkap jika belum memasang iklan. Nah, iklan jadi salah satu strategi pemasaran yang manjur untuk dicoba. Jenis-jenis iklan sendiri banyak macamnya. Kali ini yuk bahas jenis-jenis iklan cetak yang manjur bikin usaha kamu payu.

Meski di era digital ini iklan media cetak mengalami penurunan, masih banyak pelaku bisnis lokal atau bisnis UMKM yang mengandalkan iklan cetak.

Baca juga: Perbedaan Promosi Melalui Iklan Offline dan Online

Hal ini kaya biaya yang dikeluarkan cukup ekonomis, fleksibel dan menjangkau konsumen di sekitar pelaku usaha.

Iklan dengan teknik cetak ini merupakan cara promosi yang paling lama digunakan.

Iklan cetak diartikan sebagai sebuah promosi produk menggunakan teknik cetak seperti print, sablon, letterpress, atau lainnya.

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang harus ada di iklan media cetak.

Umumnya, iklan cetak cenderung menggunakan bahasa formal, kolom dan baris nya dibatasi, dan kalimat.

Ingin produk kamu masuk ke Koran, majalah, atau tabloid? Nah, pahami beberapa jenis jenis iklan cetak sebelum memutuskan jenis apa yang hendak digunakan.

Hal ini karena begitu banyak ragam iklan media cetak, bahkan diantaranya memiliki bentuk dan turunan yang berbeda. Misalnya jenis jenis iklan baris yang ada di Koran atau jenis-jenis iklan slogan dan poster.

Namun, secara umum jenis-jenis iklan media cetak dapat diketahui sebagai berikut:

Iklan Baris

Iklan ini menggunakan bentuk baris atau kolom yang biasanya ada di Koran. Posisi nya terlihat dibawah subjudul tertentu dengan gambaran produk.

Iklan baris disesuaikan dengan kebutuhan media iklan untuk menampung promosi.

Harga yang digunakan berdasarkan jumlah baris dan jumlah kemunculan iklan.

Iklan Pracetak

Mungkin kamu pernah beberapa kali menemukan iklan yang disisipkan di media cetak. Jenis iklan ini tidak di masukan ke dalam konten media cetak tersebut. Namun, iklan tersebut disisipkan dan dikirimkan bersamaan dengan media cetak.

Sisipan Display

Iklan ini sering kali kita jumpai di berbagai media cetak. Umumnya iklan ini menggunakan ilustrasi, judul iklan, dan ragam visual lain sebagai materi promosi. Intinya iklan dikemas semenarik mungkin untuk mengambil perhatian publik.

Baca juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik

Ruang Media Koran

Jika kamu ingin promosi besar-besaran, kamu bisa membeli sejumlah ruang kosong di media cetak untuk menampilkan produk kamu. Kamu bisa menggunakan ruang di media tersebut dengan bebas untuk promosi.

Iklan Pengumuman Publik

Iklan ini berupa informasi terkait kebijakan yang akan terjadi dalam waktu dekat. Biasanya berupa laporan atau pengumuman pemerintah terkait keuangan, bisnis yang berubah, atau lainnya.

Baca juga: Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Nah, itu tadi beberapa jenis jenis iklan cetak yang paling sering ditemui. Kamu bisa mencoba salah satunya ya. Sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan dan berapa budget dari pemasaran bisnis kamu. Segera gunakan iklan cetak untuk menarik banyak pelanggan.

Buku Belajar CSS - CSS Monster | CSSMonster.ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Scroll to Top