5 Jenis Iklan Online Pendulang Cuan

jenis jenis iklan online

Punya bisnis tapi masih sepi konsumen? Nah, sekarang kamu gak perlu khawatir lagi karena kamu bisa membuat promosi dengan iklan online. Kamu bisa memilih jenis-jenis iklan online yang paling sesuai dengan bisnis kamu.

Sebelumnya, kamu pasti sudah tahu umumnya promosi bisnis dilakukan dengan berbagai jenis-jenis iklan. Namun, hanya bermodal internet, kini kamu bisa dengan mudah membuat iklan online hingga bisnis kamu raih keuntungan besar.

Jenis-jenis iklan dan penjelasannya sangat beragam. Iklan sendiri diklasifasikan ke dalam beberapa kategori. Misalnya iklan berdasarkan tujuan, iklan berdasarkan isinya, dan iklan berdasarkan media atau platform publikasinya.

Pemahaman tentang jenis jenis iklan sendiri begitu luas, semuanya bergantung dengan kebutuhan kamu.

Yang pasti, jika kamu membuat iklan, pastikan iklan tersebut menarik, komunikatif, informatif, dan gunakan bahasa yang mudah dipahami ya.

Baca juga: 8 Cara Membuat Iklan yang Menarik

Jenis-Jenis Iklan Online yang Sering Digunakan

Penggunaan iklan online bisa menggunakan gambar, video, maupun iklan advertorial yang menarik agar audience tertarik. Nah, penasaran apa saja ya jenis-jenis iklan dan contohnya? Yuk simak berikut ini.

Paid Search

jenis jenis iklan online -- google ads
Source: Google Ads

Tahukah kamu, dari data yang dikeluarkan perusahaan mesin pencari Google, diketahui 84% konsumen akan mencari produk yang diperlukan melalui Google. 

Nah, ini bisa menjadi peluang besar dan Google membuka layanan paid search dengan Google Ads.

Layanan tersebut membekali fitur Smart Campaign. Dengan begitu iklan bisnis kamu berpotensi tampil di YouTube, atau iklan di aplikasi seluler.

Paid Social

jenis iklan online - facebook ads
Source: Pixabay

Tak hanya di pencarian Google, iklan bisnis kamu pun bisa tampil di jejaring medial sosial. Penggunaan sosial media saat ini membuat peluang iklan bisnis muncul semakin besar. 

Buat iklan bisnis semenarik mungkin dan tampilkan di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Gunakan media tersebut untuk menargetkan konsumen dengan spesifik berdasarkan pendidikan, usia, lokasi, minat, dan lainnya.

Email Marketing

kirim.email
Source: Kirim.Email

Platform email juga sering digunakan sebagai alat pemasaran.

Email dipercaya dapat meningkatkan keterikatan antara kamu dan konsumen.

Pengiriman promosi via email dapat berupa newsletter komersial.

Biaya untuk email marketing sendiri terbilang murah dan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi. Bahkan penelitian dari McKinsey and Company, email marketing sangat berpengaruh 40 kali lipat dibanding iklan di media sosial.

Remarketing

Google Ads juga menawarkan fitur remarketing dimana iklan yang sudah dilihat oleh orang-orang akan kembali terlihat di situs lain. Produk kamu akan ditampilkan beberapa kali oleh Google demi menggaet ketertarikan dan mempertahankan buying intent mereka.

Video Marketing

iklan online: tiktok ads
Source: Pixabay

Memasarkan produk dengan format video menjadi andalan pengusaha. Bagaimana tidak? Tingkat efektivitas video online saat ini sangat tinggi. Buat video produk, video tutorial, video live stream yang menarik untuk menarik konsumen.

Segera buat iklan produk yang kamu jual dengan mencoba beberapa jenis jenis iklan online diatas. Semoga artikel ini membantu bisnis kamu untung besar ya!

Baca juga:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Scroll to Top