Jenis Jenis Iklan yang Perlu Kamu Tahu

jenis jenis iklan

Jenis jenis iklan – Iklan merupakan sebuah cara untuk memperkenalkan suatu produk tertentu dan menjadi media promosi, jasa, yang penyimpanannya memakai media tertentu.

Iklan ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi masyarakat sehingga akan memakai pilih kata yang lebih persuasif.

Di antara ciri-ciri iklan yang baik adalah penggunaan kata yang tepat, menarik dan lebih mudah dipahami banyak orang.

Iklan ini harus menonjolkan akan kelebihan sebuah produk dan jasa yang sedang di iklan yang mana bisa menarik target konsumen agar membeli produk tersebut.

Ada berbagai jenis jenis iklan berdasarkan isinya yang bisa ditemukan di banyak tempat seperti TV, koran, internet sampai di jalanan.

Kenyataannya memang terdapat banyak sekali macam macam iklan, baik itu iklan non-komersial atau komersial.

Pengertian Iklan

Jika dikutip dari Kemendikbud RI, iklan merupakan sebuah teks persuasif yang memadukan sebuah unsur gambaran dan juga kata-kata, suara dan juga gerak.

Unsur iklan yang akan ditampilkan adalah gerak, kata-kata, suara dan gambar.

Iklan merupakan sebuah media pemberitahuan untuk masyarakat umum yang berkaitan dengan barang dan juga jasa.

Hal itu mempunyai fungsi sebagai salah satu pendorong yang berbentuk dalam sebuah teka untuk membujuk masyarakat terhadap berbagai barang dan jasa yang sedang ditawarkan tersebut.

Jika berdasarkan KBBI, pengertian dari iklan adalah :

  • Sebuah berita dalam bentuk pesan, mempunyai tujuan untuk mendorong, membujuk masyarakat supaya tertarik dengan barang dan jasa yang sedang ditawarkan.
  • Memberi tahu masyarakat akan barang dan jasa yang sedang di jual, yang akan dipasang lewat media masa seperti jenis jenis iklan online maupun di tempat umum.

Fungsi & Tujuan Iklan

Iklan ini baik jenis jenis iklan elektronik maupun dalam berbagai bentuk yang lainnya akan memberikan fungsi sebagai media komunikasi yang meliputi :

  • Memberikan sebuah informasi, yang mempunyai tujuan agar konsumen sadar tentang merek sebuah produk dan membangun citra yang baik dari merek itu.
  • Iklan yang sangat efektif mempunyai tujuan untuk bisa meyakinkan para pelanggannya supaya mencoba produk yang sedang ditawarkan.
  • Mengingatkan kepada masyarakat tentang merek sebuah produk yang dipasarkan tersebut.
  • Dapat memberikan nilai tambah akan sebuah produk dengan cara memberikan pengaruh terhadap pandang konsumen terhadap produk tersebut lebih baik daripada produk pesaingnya.
  • Alat komunikasi agar bisa memulai kegiatan promosi.

Sedangkan tujuan iklan itu sendiri adalah :

  • Memperkenalkan sebuah produk dan mempengaruhi konsumen agar membeli produk tersebut.
  • Membujuk memberikan informasi dan mengingatkan konsumen akan produk tersebut.
  • Memberikan kesadaran kepada masyarakat akan sebuah merek tertentu.

Ciri – Ciri Iklan

Iklan yang baik dan benar baik itu jenis iklan cetak dan lain sebagainya memiliki ciri-ciri :

  • Memiliki sifat membujuk dan mengajak.
  • Di kemas supaya lebih dapat menarik perhatian para pembacanya. Ada banyak cara membuat iklan menarik yang bisa dilakukan untuk lebih menarik minat calon konsumen.
  • Isi yang jelas, singkat, jujur, menarik perhatian dan tidak menyinggung pihak manapun.
  • Informatif yang bisa menerangkan sebuah produk dengan baik.

Jenis – Jenis Iklan

Jenis Iklan Berdasarkan Isi

Jika berdasarkan dari isi iklan dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu :

Iklan Pengumuman

Tujuan dari iklan jenis ini adalah supaya lebih bisa untuk menarik perhatian masyarakat tertentu lewat informasi dan pemberitahuan tertentu.

Contohnya seperti iklan reuni, iklan kerja bakti dll.

Iklan Niaga

Iklan jenis ini memiliki tujuan untuk menawarkan barang dan jasa untuk masyarakat, agar nantinya bisa dibeli oleh para target konsumennya.

Misalnya : jasa pengobatan, penjualan makanan dll.

Baca juga: 18 Contoh Iklan Produk Niaga Beserta Gambar

Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan dari iklan ini adalah memberikan penjelasan akan sesuatu, umumnya iklan ini diterbitkan boleh suatu instansi maupun pemerintahan untuk lebih tingkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu hal.

Contoh iklan layanan masyarakat seperti : ajak untuk lebih bisa menghemat listrik, larangan membuang sampah secara sembarangan dan lain sebagainya.

Baca juga: 15+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat (Video + Teks)

Jenis Iklan Berdasarkan Media

Sama halnya dengan jenis reklame berdasarkan medianya, iklan umumnya dibedakan dengan jenis media yang digunakan untuk menyebarluaskan, berikut ini adalah iklan berdasarkan media yang dipakai :

Iklan Cetak

Umumnya menggunakan media cetak koran, poster, selebaran, majalah, dan baliho. Memiliki jangkauan yang solid tetapi lebih mudah rusak. Namun memiliki harga yang mahal sebanding dengan keefektifannya.

Iklan Elektronik

Masih dibedakan menjadi dua yaitu iklan radio yang menggunakan suara dan juga iklan televisi ciri ciri iklan TV ini adalah penyampaiannya jauh lebih detail yang mana cara penyampaiannya memakai gambar dan suara.

Baca juga: Jenis Jenis Iklan Elektronik Perlu Kamu Ketahui

Iklan Online

Iklan ini disampaikan lewat media internet  dan biasnya akan banyak ditemukan dalam sebuah website. Memberikan informasi yang detail dan pada intinya merupakan salah satu ciri ciri headline iklan yang bisa untuk menarik perhatian.

Baca juga: 5 Jenis Iklan Online Pendulang Cuan

Iklan Luar Ruangan

Umumnya dalam bentuk poster dan baliho yang besar. Di tempatkan di gedung besar, kaca, dan tempat yang jadi sasaran utama yang biasanya banyak dilewati oleh banyak orang.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

  • Iklan strategis
  • Iklan korporat
  • Iklan non-komersial

Baca Juga:

Syarat-Syarat Membuat Iklan

Supaya dapat dikatakan sebagai iklan yang baik cara membuat iklan jualan online maupun untuk iklan secara umum harus dapat memenuhi syarat – syarat sebagai berikut ini :

  • Jujur dan objektif.
  • Jelas dan mudah untuk dipahami oleh orang lain.
  • Tidak menyinggung pihak manapun.
  • Dapat menarik perhatian masyarakat umum.

Tips Membuat Iklan Yang Efektif

  • Gunakan kalimat yang powerful dan menarik perhatian ini merupakan strategi dalam melakukan iklan yang begitu efektif melakukan pemasaran produk dalam platform media sosial.
  • Munculkan platform testimoni untuk bisa lebih membuat rasa kepercayaan konsumen meningkat.
  • Berikan alamat kantor yang jelas sehingga iklanmu akan terlihat lebih profesional dan lebih bisa membangun kepercayaan para konsumen terhadap produk yang kamu miliki.
  • Berikan penawaran produk, memberikan penawaran yang menarik juga akan memberikan hasil yang baik untuk berbagai produk yang sedang kamu promosikan tersebut.
  • Tunjukkan keunggulan dari produk yang kamu miliki. Jika akan membuat iklan tambahkan kelebihan dari produk milikmu tersebut yang akan lebih menarik perhatian para konsumen.
  • Jadikan media sebagai lahan untuk beriklan dengan tepat.

Penutup

Dalam berbagai jenis jenis iklan yang banyak sekali ditawarkan secara keseluruhan memang tidak bisa lepas dari cara pembuatannya yang harus praktis dan mudah dipahami oleh kalangan masyarakat.

Selain itu juga harus dibuat semenarik mungkin agar lebih bisa menarik perhatian orang untuk membacanya dan memperhatikan.

Maka dari itu sebuah perusahaan tidak akan secara sembarangan membuat sebuah iklan sehingga iklan yang mereka inginkan dibuat dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Scroll to Top